Langsung ke konten utama

Langkah-langkah mengkonfigurasi FTP server

Assalamualaikum wr.wb
Halo semua apa kabarnya nih,semoga semuanya dalam keadaan sehat wal'afiat ya
Oke kalau gitu langsung ke tujuannya aja ya hehehe...
Disini saya Adella Desyana ingin berbagi informasi untuk kalian semua yang ingin tahu tentang instalasi FTP SERVER menggunakan aplikasi virtual box dan Iso windows server 2012

Langkah-langkahnya adalah:

1. Pertama-tama masuk terlebih dahulu ke server manager lalu klik MANAGE kemudian klik ADD ROLES AND FEATURES. seperti pada gambar

2. Jika muncul gambar seperti dibawah ini langsung klik NEXT saja karena ini hanya pemberitahuan.

3. Pilih type instalasi, disini kita memiih "Role Based Instalation" karena nantinya untuk menambahkan beberapa role, role service dan fitur lainnya. Setelah itu klik NEXT.

4. Pilihlah server yang akan kita gunakan, dan disini kita menggunakan server pool. Jika sudah dipilih maka klik NEXT seperti pada gambar.

5. Berhubung karena FTP server adanya di dalam web server IIS maka aktifkan terlebih dahulu web server IIS setelah itu tambahkan role FTP server kemudian klik NEXT.

6. Akan muncul pop up penambahan "Role Web Server IIS" pada management tool nanti akan terdapat FTP server. setelah itu klik ADD FEATURES.

7. Untuk penambahan fiturnya kosongkan saja, kemudian klik NEXT.

8. Web server IIS sudah ditambahkan dimana versi yang digunakan internet information service, lalu klik NEXT

9. Pilih role service yang akan digunakan lalu ceklis FTP server kemudian klik NEXT

10. Akan muncul konfirmasi instalasi yang sudah dipilih. Jika sudah yakin mau menginstal FTP server maka klik INSTALL

11. Proses instalasi akan segera di mulai tunggu sampai starting instalation penuh, jika sudah penuh maka klik CLOSE.

12. Berikutnya kita masuk ke tab tools kemudian pilihlah "Internet Information Service (IIS) Manager" seperti pada gambar.

13. Maka di sini akan muncul tampilan IIS manager versi 8 yang sudah di buat.

14. Klik dua kali pada server yang dibuat tadi, kemudian akan muncul pop up sebagai berikut, Do Not Show This Message kemudian centang lalu pilih Yes.

15. Setelah mengklik yes maka secara otomatis akan masuk ke web browser/internet explorer, lalu akan muncul pop up sebagai berikut, Continius to Prompt uncentang lah kemudian klik tulisan yang berwarna biru.

16. Setelah mengklik tulisan bewarna biru yang tadi, disini akan muncul kotak dialog internet explorer kemudian klik saja ask me later, karena kita akan menggunakan web browser yang lain.

17. Kembali lagi ke server home, disini kita pilih menu FTP Authentication. Authentication ini menjelaskan tentang user yang diberikan hak untuk akses login nantinya.

18. FTP authentication ini ada dua group yakni anonymous dan basic. Disini kita menggunakan anonymous user agar semua user dapat mengaksesnya, lalu klik ENABLE.

19. Setelah mengklik ENABLE kita kembali lagi ke server home dan disini kita pilih FTP authorization rules.

20. Kemudian pilih Add Allow Rule pada action yang ada disebelah kanan, kemudian allow access to content dan pilihlah All Anonymous users. Lalu centanglah permissionsnya read and write. Artinya user bisa mengupload dan men dowload ke ftp nantinya, lalu klik OK.

21. Satu user anonymous sudah ditambahkan. Maka user ini nantinya yang dapat mengakses ftp tanpa ada login password.

22. Setelah itu kita akan membuat letak folder yang akan di share nanti nya pada client. Tentukan sendiri nama dan letak foldernya sesuai keinginan di drive C atau D, disini saya menggunakan nama foldernya FTP yang berada di drive C.

23. Setelah itu, disini kita akan menambahkan site. Caranya klik kanan pada SITES kemudian pilih Add FTP site. Bisa juga dengan cara meng-klik langsung pada action disebelah kanan.

24. Kemudian tambahkan site name sesuai sesuai dengan keinginan anda. Lalu setelah itu letakkan pathnya dengan folder yang sudah dibuat sebelumnya. Kemudian klik NEXT

25. IP Banding setting, arahkan pada IP yang digunakan oleh server. Kemudian pilih port 21, karena kita belum menggunakan SSL maka kita pilih "No SSL" lalu klik NEXT.

26. Setelah itu pilihlah authentication dan authorization dengan anonymous serta permission Read and Write. Kemudian klik FINISH

27. Konfigurasi FTP sudah selesai, maka kita akan mencoba verifikasi dengan meng-klik tanda "Explorer"

28. Setelah itu kita akan langsung masuk ke folder FTP dan kita akan meng-create satu folder untuk mencoba FTP yang tadi telah dibuat, disini saya menggunakan nama foldernya ialah "Folder Tes"

29. Verifikasi berikutnya ialah dengan mengakses IP address dari server. Misalnya: ftp://192.168.10.100 Disini kita menggunakan alamat IP karena DNS belum kita buat, sebab pemanggilan berdasarkan nama tidak bisa digunakan.

30. Langkah berikutnya ialah verifikasi dengan web browser dengan cara buka web browser dari lalu ketik: ftp://192.168.10.100

31. Selanjutnya ialah kita mencoba verifikasi lewat CMD dengan mengetikan ftp 192.168.10.100 masukkan login username anonymous kemudian ketiklah password anonymous nya yaitu IUSR (sandi tidak terlihat saat diketik, maka dari itu ketiklah dengan hati-hati).


Oke saya rasa cukup sekian informasi tentang KONFIGURASI FTP SERVER yang saya dapatkan dan saya share ke kalian, mohon maaf apabila ada kesalahan kata dalam penulisan kalimatnya...

Wassalamualaikum Wr.Wb.




Komentar